Pelatihan intrakulikuler kaligrafi dalam pelestarian seni pada Sekolah Islam Nurul Iman Seberang Kota Jambi

Authors

  • Eva Iryani Universitas Jambi
  • Friscilla Wulan Tersta Universitas Jambi
  • Mar'Atun Sholihah Universitas Jambi
  • Salman Jufri Universitas Jambi
  • Salman Hasani Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.17977/um075v4i22024p66-77

Keywords:

Pelatihan intrakurikuler, kaligrafi, tradisional Islam

Abstract

Pengetahuan dan keterampilan praktis yang belum memadai dalam bidang kaligrafi di kalangan santri serta keterbatasan sumber daya dan fasilitas untuk mendukung pembelajaran seni tersebut berpotensi mengurangi apresiasi terhadap seni kaligrafi dan mendorong hilangnya warisan budaya yang berharga. Selain itu, minimnya kesempatan untuk belajar kaligrafi secara langsung, santri juga mungkin kehilangan kesempatan untuk mengembangkan kreativitas dan keterampilan artistik mereka. Pelatihan ini bertujuan untuk memperkenalkan, mendukung, dan memperkuat pelatihan intrakurikuler kaligrafi di Sekolah Islam Nurul Iman Seberang Kota Jambi sebagai upaya konkret dalam melestarikan seni tradisional Islam. Pelatihan ini menggunakan metode ceramah. Dalam pelaksanaan kegiatan ini ada tiga tahap yang dilakukan oleh tim, yakni tahap persiapan, pelaksanaan, dan tahap pelaporan. Dengan melibatkan santriwati Madrasah Nurul Iman Seberang Kota Jambi sebanyak 10 orang. Hasil dari program ini menunjukkan bahwaalam minat dan keterampilan santriwati terhadap seni kaligrafi melalui kegiatan intrakurikuler yang diterapkan sekolah membuat santriwati mampu menghasilkan karya kaligrafi yang kreatif dan berkualitas, meningkatkan apresiasi terhadap seni kaligrafi di sekolah. Dukungan dari guru, orang tua, dan pihak sekolah memainkan peran penting dalam keberhasilan program ini. Secara keseluruhan, pelatihan ini berhasil mencapai tujuannya dalam mengembangkan keterampilan kaligrafi santriwati dan melestarikan seni kaligrafi, sekaligus memperkuat warisan budaya di kalangan generasi muda.

References

Aprilia, W., Ichsan, Y., Rahma, T. A., & Zaki, M. (2022). Penggunaan Seni Rupa Kaligrafi Dalam Pendidikan Islam. Ta’limDiniyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 2(2), 141–149. https://doi.org/10.53515/tdjpai.v2i2.29

Ariesta, O., & Maulana, I. (2020). Pelatihan seni kaligrafi islam di pesantren thawalib gunuang. Batoboh: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(2), 113-123. http://dx.doi.org/10.26887/bt.v5i2.1297

Asfar, A. M. I. T., Asfar, A. M. I. A., & Halamury, M. F. (2019). Teori behaviorisme. Makasar: Program Doktoral Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar.

Ashoumi, H., Malik, M. M., & Maulidiah, S. L. (2022). Implikasi Intrakurikuler Kaligrafi dalam Pelestarian Seni Budaya Islam di Madrasah Tsanawiyah Darun Najah Karangploso Malang. LISAN AL-HAL: Jurnal Pengembangan Pemikiran Dan Kebudayaan, 16(2), 235-254. https://doi.org/10.35316/lisanalhal.v16i2.235-254

Athoillah, B. I., Lilawati, E., & Hasbullah, A. R. U. (2024). Urgensi Pembelajaran Kaligrafi Metode Hamidi di Era Society 5.0 dalam Melestarikan Seni Kebudayaan Islam. Indonesian Journal of Humanities and Social Sciences, 5(2), 547-562. https://ejournal.uit-lirboyo.ac.id/index.php/IJHSS/article/view/5334

Elgy, S. (2024). Cendikia pendidikan. Cendekia Pendidikan, 4 (4), 50–54.

Fatahillah, M., & Priyatno, A. (2024). Upaya Meningkatkan Minat Seni Kaligrafi Melalui Kegiatan Ektrakurikuler Kaligrafi dan Event MTQ Di SMA Swasta Nurul Iman Tanjung Morawa. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 4(3), 91-100. https://ejournal.warunayama.org/index.php/sindorocendikiapendidikan/article/view/3129

Indrawan, R. (2022). Model Pembelajaran Ekstrakurikuler Kaligrafi Di Madrasah Aliyah Al-Islamiyah Uteran Madiun (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo). https://etheses.iainponorogo.ac.id/22731/1/201180416_Raid%20Indrawa_PAI.pdf

Kirom, S., & Hakim, A. L. (2020). Kaligrafi Islam Dalam Perspektif Filsafat Seni. Refleksi Jurnal Filsafat Dan Pemikiran Islam, 20(1), 55–67. https://doi.org/10.14421/ref.v20i1.2397

Kusdiana, A. (2012). Peran Pesantren dalam Penyebarluasan Seni Kaligrafi Islam di Jawa Barat. Panggung, 22(4), 1–20. https://doi.org/10.26742/panggung.v22i4.65

Kusuma, A. Y. (2021). Budaya Keagamaan Arab Melayu Seberang Kota Jambi. Jurnal Lektur Keagamaan, 19(1), 239-268. https://doi.org/10.31291/jlka.v19i1.899

Lestari, N. H. P., Ichsan, Y., Sukriyanto, R., & Asela, S. (2021). Urgensi Seni Rupa Kaligrafi Dalam Pendidikan Islam. Palapa, 9(1), 126–136. https://doi.org/10.36088/palapa.v9i1.1063

Mujahidin, M. F. (2016). Pemikiran Kaligrafi Arab Di Indonesia. Center of Middle Eastern Studies (CMES), 9(2), 179-188. https://doi.org/10.20961/cmes.9.2.15160

Muspawi, M. (2018). Pelatihan Menulis Kaligrafi Arab Bagi Siswa SD No. 76/IX Desa Mendalo Darat Kec. Jaluko Kab. Muaro Jambi. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 2(1), 37-45. https://doi.org/10.22437/jkam.v2i1.5429

Oerban, H. (2020). Mengenal Pondok Pesantren yayasan Nurul Iman Seberang Kota Jambi. Retrieved March 2, 2024, from https://oerban.com/mengenal-pondok-pesantren-yayasan-nurul-iman-seberang-kota-jambi/

Sadzali, A. M., & Fitrah, Y. (2018). Kajian Seni Islam Arsitektur dan Ragam Hias Mesjid Kuno di Dataran Tinggi Jambi: Suatu Kajian Arkeologi Islam dalam Upaya Melestarikan dan Mengembangkan Islam Melayu Jambi. Titian: Jurnal Ilmu Humaniora, 2(02), 323-340. https://mail.online-journal.unja.ac.id/titian/article/view/5813

Wulandari, K., Khotimah, K., Khafidhoh, N., Arifin, M. Z., Gumelar, H., & Malik, M. M. (2022). Pelatihan Seni Kaligrafi Islam dalam Meningkatkan Kreatifitas Santri PPAI Tanwirul Qulub di Desa Ngijo Kecamatan Karangploso. Jumat Keagamaan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 149-152. https://doi.org/10.32764/abdimasagama.v3i3.3381

Downloads

Published

2024-10-03

How to Cite

Iryani, E., Tersta, F. W., Sholihah, M., Jufri, S., & Hasani, S. (2024). Pelatihan intrakulikuler kaligrafi dalam pelestarian seni pada Sekolah Islam Nurul Iman Seberang Kota Jambi. PROMOTIF: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 66–77. https://doi.org/10.17977/um075v4i22024p66-77