Pelatihan manajemen UKS dan pendidikan keterampilan hidup sehat untuk mendukung terwujudnya madrasah sehat
DOI:
https://doi.org/10.17977/um075v4i22024p78-94Keywords:
kader kesehatan sekolah, PKHS, UKS, pengetahuan, madrasah sehatAbstract
Kesehatan siswa berperan penting dalam mencapai keberhasilan akademik. Upaya Kesehatan Sekolah (UKS) dan Pendidikan Keterampilan Hidup Sehat (PKHS) merupakan program yang dirancang untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan siswa serta mendukung terwujudnya madrasah sehat. Namun, masih banyak sekolah dengan UKS berstrata minimal, salah satunya adalah UKS di MTs Al Masruriyah. Pengelolaan UKS yang tidak optimal berdampak terhadap status kesehatan warga sekolah juga outcome pendidikan para siswa. Salah satu komponen penting dalam manajemen UKS adalah keterampilan kader UKS yang dapat ditingkatkan melalui Pendidikan Keterampilan Hidup Sehat (PKHS). Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kader kesehatan sekolah dalam mengelola UKS dan melakukan keterampilan hidup sehat di MTs Al Masruriyah. Kegiatan diikuti oleh 30 siswa dengan metode ceramah, diskusi, demonstrasi, kuis, dan media slide, modul/booklet, banner, dan poster. Evaluasi dilakukan dengan pre-test dan post-test dan dianalisis dengan uji Wilcoxon. Hasil menunjukkan peningkatan pengetahuan peserta yang signifikan setelah mengikuti kegiatan (p<0,05). Peningkatan pengetahuan peserta setelah mengikuti pelatihan menunjukkan bahwa pelatihan ini efektif dalam mencapai tujuannya. Kombinasi metode dan media intervensi yang digunakan terbukti mampu menarik minat peserta dan meningkatkan pemahaman mereka terhadap materi pelatihan. Pelatihan manajemen UKS dan PKHS efektif dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kader kesehatan sekolah di MTs Al Masruriyah dan diharapkan dapat berkontribusi dalam mewujudkan madrasah sehat. Pelatihan serupa perlu dilakukan secara berkelanjutan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kader kesehatan sekolah di sekolah-sekolah lain.
References
Aeni, N., & Yuhandini, D. S. (2018). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Media Video Dan Metode Demonst. Jurnal Care, 6 (2)(2), 162–174. https://jurnal.unitri.ac.id/index.php/care/article/view/929
Al Hijrah, M. F., Djalaluddin, N. A., Heriyati, & Hamid, A. (2021). Pemberdayaan ospi dan poskestren dalam pencegahan penyakit skabies. Community Development Journal, 2(3), 802–806. https://doi.org/10.31004/cdj.v2i3.2608
Badan Pusat Statistik. (2021). Statistik Pemuda Indonesia 2020.
Cahyaningtyas, R. (2019). Hubungan Usia, Lama Tinggal, Kondisi Lingkungan Pondok, Pengetahuan, Sikap, Dan Tindakan Personal Hygiene Genetalia Dengan Keputihan Patologis Pada Santri Putri Di Pondok Pesantren Assalafi Al-Fithrah Surabaya. Universitas Airlangga.
Dewi, I. P., Sanusi, S., & Maryati, I. (2019). Pelatihan Kader Kesehatan Remaja untuk Meningkatkan Capaian Indikator Sehat Siswa/I di Pondok Pesantren. ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 86-90. https://doi.org/10.35568/abdimas.v2i1.263
Fajarwati, D., Fatimah, O. Z. S., Susanti, R., Wijayanti, W., & Hidayah, S. N. (2023). Pendampingan Pembentukan Konselor Sebaya Tentang Kesehatan Reproduksi Remaja Melalui Usaha Kesehatan Sekolah. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 2203–2208. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/14031
Fatmawati, D. A., & Istiqomah, S. B. T. (2017). Pendidikan Kesehatan Reproduksi Bagi Santri Putri Di Asrama Pondok Pesantren Darul? ulum Jombang. Jurnal EDUMidwifery, 1(1), 15-21. https://journal.unipdu.ac.id/index.php/edumidwifery/article/view/749
Hana, C., Zuhdy, N., & Widyasih, H. (2018). Stres psikososial dan kejadian fluor albus patologis pada santri. In Jurnal Forum Kesehatan, 8(1), 9-14.
Hanura, A. W., Heni, P. W., & Hesty, W. (2018). Gambaran faktor-faktor yang berhubungan dengan dismenorea pada santri putri Pondok Pesantren Al Munawwir Kompleks R2 Krapyak tahun 2018 (Doctoral dissertation, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta).
Hapsari, M. M., Herawati, D., Priantoro, B., Nanwani, S., Pohan, M. N., Ranitadewi, I. N., & Tariani, N. M. (2021). Pedoman Program Kesehatan Reproduksi Jenjang Smp. Direktorat Sekolah Menengah Pertama Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI. 978-623-97764-3-5
Hinga, I. A. T. (2019). Efektifitas penggunaan Media Poster dan leaflet dalam Pendidikan Kesehatan Reproduksi terhadap Peningkatan Pengetahuan Masyarakat di Kabupaten Belu. CHMK Applied Scientific Journal, 2(3), 111-119. https://cyber-chmk.net/ojs/index.php/sains/article/view/655
Istiqomah, I. (2021). Program Anti Sampah Plastik Sebagai Upaya Mewujudkan Madrasah Sehat Di Mtsn 7 Kediri. COMMUNITY : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 85–94. https://doi.org/10.51878/community.v1i1.578
Julianto, D., & Utari, P. A. (2019). Analisa Pengaruh Tingkat Pendidikan terhadap Pendapatan Individu di Sumatera Barat. Ikraith Ekonomika, 2(2), 122–131. https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/IKRAITH-EKONOMIKA/article/view/413
Kemendikbud. (2019). Sekolah sehat berkarakter. Kemdikbud.Go.Id, 1–14. https://sehatberkarakter-dikdasmen.kemdikbud.go.id/profil
Kemendikbudristek. (2023). Pedoman Kampanye Sekolah Sehat. 4449.
Kementerian Kesehatan RI. (2018). Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Tahun 2018. http://labdata.litbang.kemkes.go.id/images/download/laporan/RKD/2018/Laporan_Nasional_RKD2018_FINAL.pdf
Kementerian Kesehatan RI. (2021). Petunjuk Teknis Pembinaan Penerapan Sekolah/Madrasah Sehat.
Kusumawardani, N., Wiryawan, Y., Anwar, A., Handayani, K., & Angraeni, S. (2016). Perilaku Berisiko Kesehatan pada Pelajar SMP dan SMA di Indonesia. Badan Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan Kementrian Kesehatan RI, 1–116. http://www.who.int/ncds/surveillance/gshs/GSHS_2015_Indonesia_Report_Bahasa.pdf?ua=1
Lestari, D. I. N. (2018). Analisis Faktor yang Berhubungan dengan Upaya Pencegahan Anemia Saat Menstruasi pada Remaja Putri di Pondok Pesantren Wilayah Jenu Kabupaten Tuban Penelitian Cross Sectional (Doctoral dissertation, Universitas Airlangga).
Lestari, P. I., & Mansyur, H. (2020). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Metode Demonstrasi Tentang SADARI Terhadap Kemampuan Melakukan SADARI Pada Remaja Putri SMA Diponegoro Dampit. Jurnal Pendidikan Kesehatan, 9(1), 1-10. https://doi.org/10.31290/jpk.v9i1.815
Madinah, S., Rahfiludin, M. Z., & Nugraheni, S. A. (2017). Pengaruh pendidikan kesehatan reproduksi terhadap tingkat pengetahuan tentang pendewasaan usia perkawinan (studi pada remaja di SMP Nu 06 Kedungsuren Kabupaten Kendal). Jurnal Kesehatan Masyarakat, 5(1), 332-340. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jkm/article/view/15573
Mantali, M. F., Saputro, A., Gobel, V. S. U., Posangi, M. A. S., Kangiras, G. M., Abjul, P. A. D., & Ajuai, S. (2023). Peningkatan Peran Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) Di Madrasah Aliyah Al-Falah Tolutu Kecamatan Tomini Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. Jurnal Insan Pengabdian Indonesia, 1(3), 53-58. https://ejournal.alhafiindonesia.co.id/index.php/JOUIPI/article/view/41
Masrizal, M., Khamelia, L., & Arbimes, A. (2019). Edukasi kesehatan reproduksi sebagai upaya promosi kesehatan di SMPN 5 Kota Padang. Buletin Ilmiah Nagari Membangun, 2(1), 39-44. http://buletinnagari.lppm.unand.ac.id/index.php/bln/article/view/98
Mulyasari, I., & Apriyatmoko, R. (2016). Hubungan antara Status Gizi (IMT/U) dengan Derajat Sindrom Pra Menstruasip Remaja Putri di PONPES Mahirul Hikam Assalafi Payudan Kenteng Kecamatan Susukan Kabupaten Semarang. Jurnal Gizi Dan Kesehatan, 8(17), 54-61.
Mustikawati, I. S., Puspitaloka, E., & Abna, I. M. (2021). Peningkatan pengetahuan dan sikap mengenai perilaku hidup bersih dan sehat melalui upaya promosi kesehatan di sekolah. Jurnal Abdimas, 7(3), 228-235. https://digilib.esaunggul.ac.id/public/UEU-Journal-20289-11_1429.pdf
Nasution, A., Parinduri, S. K., Asnifatima, A., & Saci, M. A. A. (2021). Peluang dan Tantangan Promosi Kesehatan Kader Kesehatan Remaja Kota Bogor. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 10(01), 46–54. https://doi.org/10.33221/jikm.v10i01.812
Natasya, N. (2022). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Booklet Dan Metode Demonstrasi Terhadap Pengetahuan Dan Kemampuan Remaja Putri Melakukan Praktik SADARI Di SMAN 1 Pariangan (Doctoral dissertation, Universitas Andalas).
Nugroho, P. S., & Utama, D. A. (2020). Edukasi Kader Kesehatan Remaja Untuk Memaksimalkan Fungsi Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di SMK Muhammadiyah 1 Samarinda. Jurnal Pesut : Pengabdian Untuk Kesejahteraan Umat, 2(1), 1–8. https://doi.org/10.30650/jp.v2i1.1236
Nurhayati, P., Hartiningsih, S., & Isnaeni, Y. (2023). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Menggunakan Media Video, Demonstrasi, dan Leaflet Terhadap Pengetahuan Sadari Pada Remaja Puteri. Al-Asalmiya Nursing: Jurnal Ilmu Keperawatan (Journal of Nursing Sciences), 12, 106–111. https://doi.org/10.35328/keperawatan.v12i1.2294
Paturusi, A. (2020). Pelatihan Kader Usaha Kesehatan Sekolah (Uks) Pada Siswa-Siswa Madrasah Aliah Negeri (Man) Model Manado. Edupreneur: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bidang Kewirausahaan, 3(1), 44–49. https://doi.org/10.36412/edupreneur.v3i1.1818
PDP. (2021). Statistik Data Pondok Pesantren. Pangkalan Data Pondok Pesantren. https://ditpdpontren.kemenag.go.id/pdpp/statistik
Pranata, T. P., Jati, S. P., & Fatmasari, E. Y. (2020). Faktor Kondisi Lingkungan Serta Karakteristik Dan Kapabilitas Instansi Pelaksana Terhadap Pelaksanaan Trias Uks Dalam Penerapan Sekolah Sehat Tingkat Sd/Mi Di Wilayah Kerja Puskesmas Kedungmundu. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 8(3), 328-336. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jkm/article/view/26480
Putri, C. A. O., Putera, R. E., & Yoserizal. (2023). Manajemen Program Usaha Kesehatan Sekolah / Madrasah ( UKS / M ) oleh Pemerintah Kota Payakumbuh Dalam Mewujudkan Kota Sehat. JIEE: Jurnal Ilmiah Ekotrans & Erudisi, 3(1), 22–29. https://doi.org/10.69989/h74tkw87
Ramadhanty, N., Mustofa, S. B., & Margawati, A. (2024). Analisis Penggunaan Media Edukasi terhadap Peningkatan Pengetahuan Remaja Putri dalam Pencegahan Stunting: Literature Review. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 7(3), 596-604. https://doi.org/10.56338/mppki.v7i3.4781
Setyowati, H., Sofiyanti, I., & Widyawati, S. A. (2022). Pemberdayaan Remaja dalam Optimalisasi Kesehatan Reproduksi Remaja di MA Miftahul Huda Tayu. Indonesian Journal of Community Empowerment (Ijce), 4(1), 22. https://doi.org/10.35473/ijce.v4i1.1631
UNICEF. (2021). Profil Remaja 2021 (Vol. 917, Issue 2016). https://www.unicef.org/indonesia/id/laporan/profil-remaja
Winangsih, R., Kurniati, D. P. Y., & Duarsa, D. P. (2015). Faktor Predisposisi, Pendukung dan Pendorong Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja di Kuta Selatan. Public Health and Preventive Medicine Archive, 3(2), 106-111. https://doi.org/10.15562/phpma.v3i2.100
Yuhandini, D. S., & Khulaidah, N. (2021, July). The Effect of Audio Visual and Webtoon Explanation to Knowledge and Attitude About the Three Basic Threats of Adolescent Reproductive Health (TRIAD KRR) on Students of SMAN 8 Cirebon City, 2021. In International Seminar of Gender Equity Maternal and Child Health (Vol. 1, No. 1, pp. 80-91). https://doi.org/10.34305/gemic.v1i1.315
Yusida, E., & Suib, M. (2013). Pengelolaan Budaya Sekolah Sehat Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sekuduk Kecamatan Sejangkung Kabupaten Sambas. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 7(1), 1-14.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Lu'lu Nafisah, Yuditha Nindya Kartika Rizqi, Leni Maryati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.