Peningkatan kompetensi pelatih grassroot melalui edukasi pertolongan pertama cedera olahraga di Kecamatan Bantur
DOI:
https://doi.org/10.17977/um075v4i22024p181-191Keywords:
Cedera olahraga, pelatih, grassrootAbstract
Tujuan dari pengabdian ini yaitu untuk menambah pengetahuan dan keterampilan pertolongan pertama pada cedera olahraga sehingga dapat meningkatkan kompetensi pelatih grassroot. Tahap persiapan dilakukan dengan identifikasi masalah dan koordinasi antara tim pengabdian dengan mitra pengabdian. Tahap pelaksanaan dilakukan dengan ceramah, praktek, dan pendampingan implementasi. Tahap evaluasi dilakukan untuk mengetahui pelaksanaan pengabdian dan pengukuran hasil. Pengukuran hasil dilakukan dengan membandingkan nilai pretest dan posttest pengetahuan dan praktek. Hasil pengabdian ini menunjukkan kegiatan diikuti oleh 38 pelatih akar rumput dengan mayoritas latar belakang melatih selama lebih dari 3 tahun (64.0%), mayoritas berjenis kelamin laki-laki (56.0%), dan mayoritas pelatih sepak bola (48.0%). Kegiatan dilakukan selama dua hari dan kehadiran peserta mencapai 100%. Hasil evaluasi pengetahuan didapatkan rata-rata skor pretest 60.28 dan skor posttest 84.32. Hasil evaluasi praktek didapatkan rata-rata skor pre-test 59.28 dan skor post-test 83.04. Pengabdian ini dapat digunakan sebagai salah satu model pelatihan yang berkelanjutan untuk meningkatkan kompetensi pelatih olahraga akar rumput yang pada akhirnya dapat berkontribusi dalam memberikan pertolongan pertama yang tepat sehingga atlet muda dapat kembali ke performa puncaknya.
References
Anarda, N. Z., Yunus, M., Ramadhan, M. P., & Abdullah, A. (2024). Peningkatan Pengetahuan dan Keterampilan Pertolongan Pertama Cedera Sprain Melalui Metode Demonstrasi Atlet Jombang Karate Club. Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Riset Sosial Humaniora, 4(3), 150–158.
Azies, F. (2018). Reciprocal Q/A Presentation: What It Means to the Students. Leksika, 12(1), 1. https://doi.org/10.30595/lks.v12i1.2346
Britzman, D. P. (2012). Practice makes practice: A critical study of learning to teach. Suny Press.
Cordery, C. J., & Davies, J. (2016). Professionalism versus amateurism in grass-roots sport: Associated funding needs. Accounting History, 21(1), 98–123. https://doi.org/10.1177/1032373215615873
Cowan, S. M., Kemp, J. L., Ardern, C. L., Thornton, J. S., Rio, E. K., Bruder, A. M., Mosler, A. B., Patterson, B., Haberfield, M., Roughead, E. A., Hart, H., To, L., Neufeld, S., Mazahir, N., & Crossley, K. M. (2023). Sport and exercise medicine/physiotherapy publishing has a gender/sex equity problem: We need action now! British Journal of Sports Medicine, 57(7), 401–407. https://doi.org/10.1136/bjsports-2022-106055
De Ste Croix, M., Ayala, F., Sanchez, S. H., Lehnert, M., & Hughes, J. (2020). Grass-Root Coaches Knowledge, Understanding, Attitude And Confidence to Deliver Injury Prevention Training in Youth Soccer: a Comparison of Coaches in Three EU Countries. Journal of Science in Sport and Exercise, 2(4), 367–374. https://doi.org/10.1007/s42978-020-00075-0
Duncan, M. J., Weldon, A., Barnett, L. M., & Lander, N. (2022). Perceptions and practices of fundamental movement skills in grassroots soccer coaches. International Journal of Sports Science and Coaching, 17(4), 761–771. https://doi.org/10.1177/17479541211073547
Hasriadi, H. (2022). Metode Pembelajaran Inovatif di Era Digitalisasi. Jurnal Sinestesia, 12(1), 136–151. https://sinestesia.pustaka.my.id/journal/article/view/161
Ismunandar, H., Kedokteran, F., & Lampung, U. (2020). Cedera Olahraga Pada Anak Dan Pencegahannya Children’ s Sport Injury and How to Prevent. JK Unila, 4, 34–44.
Junaidi, J. (2013). Cedera Olahraga Pada Atlet Pelatda PON XVIII DKI Jakarta. Jurnal Fisioterapi, 13(1), 12–16. https://ejurnal.esaunggul.ac.id/index.php/Fisio/article/view/642/603
Martín Barrero, A., Giménez Fuentes-Guerra, F. J., & Abad Robles, M. T. (2022). The Perception of Grassroots Coaches of Spanish Professional Clubs on the Process of Training Young Players. Sports, 10(10), 1–14. https://doi.org/10.3390/sports10100158
Ramadhan, M. P., Masfi, A., Evi, N., Rahmatika, Q. T., & Jamil, A. (2024). Revitalisasi Unit Kesehatan Sekolah (UKS) dan Pelatihan Penanganan Cedera Pada Kader UKS di SMPN 11 Kota Malang. Jurnal Multilingual, 4(3), 210–222.
Ramadhan, M. P., Sishartami, L. W., Aditya, R. S., Rahmatika, Q. T., Sunaryo, E. Y. A. B., Evi, N., Masfi, A., Afiani, N., & Widjayanti, Y. (2023). Medical Team Support for Table Tennis Event - LPTK CUP XXII UM 2023. Inovasi Lokal - Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pembangunan Berkelanjutan, 1(2), 1–8.
Safei, I., Damayanti, D., Karim, A., Nabillah, A. A., & Sembaba, B. (2024). Edukasi Penggunaan Suplemen yang Aman dan Pertolongan Pertama Pada Cedera Olahraga bagi Guru Olahraga se-Kota Bandar Lampung. 4(1), 1–8.
Scialoia, D., Swartzendruber, A. J., & Scialoia Saint Joseph, D. (2020). The R.I.C.E Protocol is a MYTH: A Review and Recommendations. The Sport Joural, October.
Usera, D., & Fuller, A. (2024). Team Presentation Theory II: Q&A Management. Business and Professional Communication Quarterly, 1–19. https://doi.org/10.1177/23294906241248384
Yogica, R., Muttaqiin, A., & Fitri, R. (2020). Metodologi pembelajaran: strategi, pendekatan, model, metode pembelajaran. IRDH Book Publisher.
Yunus, M., Widiawati, P., Puriastuti, A. C., Ramadhan, M. P., Purwadi, D. A., & Erdilanita, U. (2024). Penguatan Pendekatan Ilmu Kesehatan Olahraga pada Alumni Pendidikan Kepelatihan Olahraga. Jurnal Pengabdian Dan Peningkatan Mutu Masyarakat, 5(1), 60–69. https://doi.org/10.22219/janayu.v5i1.27911
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Muhammad Putra Ramadhan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.