Peningkatan kemampuan guru pendidikan jasmani dalam merancang permainan dan olahraga dalam situasi wabah corona (covid 19)

Authors

  • Muarifin Muarifin Universitas Negeri Malang
  • Ari Wibowo Kurniawan Universitas Negeri Malang
  • Febrita Paulina Heynoek Universitas Negeri Malang
  • Rama Kurniawan Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um075v1i12021p1-12

Keywords:

Pengabdian, perancangan permainan, pendidikan jasmani

Abstract

Tujuan dari pengabdian ini adalah dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru pendidikan jasmani dalam merancang permainan dan olahraga untuk pembelajaran pendidikan jasmani. Pengabdian ini menggunakan metode ceramah melalui aplikasi zoom/google meet, penugasan, pengukuran hasil, dan tindak lanjut hasil. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dari Pretest menunjukkan nilai persentase sebanyak 55,5%  dan hasil analisis data Posttest menunjukkan nilai persentase sebanyak 77,2%. Hal tersebut menunjukkan bahwa hasil dari pelatihan ini guru pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan terjadi perubahan setelah diberi pelatihan dalam merancang suatu permainan. Sehingga pengabdian ini efektif dan dapat mencapai tujuan yang telah diharapkan dalam kegiatan ini.

References

Arikunto, S., & Jabar, C. S. A. (2004). Evaluasi program pendidikan pedoman teoritis praktis bagi praktisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Bucher, C. A., & Krotee, M. L. (1998). Management of physical education and sport. WCB/McGraw-Hill.

Damrah, D., Pitnawati, P., & Erianti, E. (2019). Pelatihan Tenis Terhadap Guru Pendidikan Jasmani sekolah Dasar Negeri di Kota Padang. Widya Laksana, 8(2), 202-207.

Herlina, H., & Suherman, M. (2020). Potensi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) di Tengah Pandemi Corona Virus Disease (COVID)-19 di Sekolah Dasar. Tadulako Journal Sport Sciences and Physical Education, 8(1), 1-7.

Hopper, T. (2002). Teaching games for understanding: The importance of student emphasis over content emphasis. Journal of Physical Education, Recreation & Dance, 73(7), 44-48.

Indonesia, P. D. P. (2020). Panduan Praktik Klinis: Pneumonia 2019-nCoV. PDPI: Jakarta.

Kurniawan, A. W., & Tangkudung, J. (2017). Development of Interactive Multimedia-Based Gymnastics Floor Techniques Learning Model for Junior High School Students. Jipes-Journal of Indonesian Physical Education and Sport, 3(1), 100-115.

Parenkuan, M. (2010). Peningkatan Kinerja Guru Pendidikan Jasmani dan Olahraga di Gugus Inti Kota Utara Kota Gorontalo. Jurnal Health and Sport, 1(1).

Sari, D. P., & Sutapa, P. (2020, August). Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Dengan Daring Selama Pandemi Covid-19 Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan (PJOK). In Seminar Nasional Olahraga (Vol. 2, No. 1).

Sudijono, A., & Pendidikan, P. E. (2006). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Winarno, M. E. (2006). Dimensi Pembelajaran Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Malang: Laboratorium Jurusan Ilmu Keolahragaan.

World Health Organization. (2020). Coronavirus disease 2019 (COVID-19): situation report, 82.

Downloads

Published

2021-06-07

How to Cite

Muarifin, M., Kurniawan, A. W., Heynoek, F. P., & Kurniawan, R. (2021). Peningkatan kemampuan guru pendidikan jasmani dalam merancang permainan dan olahraga dalam situasi wabah corona (covid 19). PROMOTIF: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1–12. https://doi.org/10.17977/um075v1i12021p1-12