Pelatihan perilaku hidup bersih dan sehat terhadap murid TPQ Riyadlul Qur'an II

Authors

  • Ari Wibowo Kurniawan Universitas Negeri Malang
  • Erika Novitasari Universitas Negeri Malang
  • Difta Fitri Putri Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um075v1i22021p99-111

Keywords:

anak usia dini, PHBS, peran orang tua

Abstract

Kesadaran diri Aaak-anak di Desa Banjarsari tentang pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh masih kurang. Program kerja Pelatihan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) memiliki tujuan untuk mencegah penyakit dan kematian pada anak usia dini. Pelaksanaan program dilakukan dengan empat tahap, yaitu tahap perencanaan, persiapan, pelaksanaan, akhir. Tahap persiapan yaitu observasi dan koordinasi dengan guru TPQ Riyadlul Qur’an II. Tahap persiapan yaitu persiapan materi, hadiah, dan ember kran cuci tangan. Tahap pelaksanaan berupa edukasi makan makanan sehat, tujuh langkah cuci tangan, menggosok gigi dan penyerahan hadiah. Tahap akhir yaitu evaluasi, dilakukan dengan pengisian google form. Hasilnya dari 39 murid adalah 38 anak memahami pentingnya cuci tangan, 28 anak memahami tujuh langkah cuci tangan, 21 anak memahami prosi makanan sehat, 25 anak memahami dampak jika tidak menggosok gigi, 28 anak memahami aturan menggosok gigi. Dapat disimpulkan bahwa lebih dari setengah anak-murid berhasil memahami materi yang diberikan. Perlu pembiasaan sejak dini yang diberikan orang tua di rumah untuk meningkatkan kesadaran kebersihan dan kesehatan tubuh dalam kegiatan sehari-hari.

References

Adliyani, Z. O. N. (2015). Pengaruh Perilaku Individu terhadap Hidup Sehat. Perubahan Perilaku Dan Konsep Diri Remaja Yang Sulit Bergaul Setelah Menjalani Pelatihan Keterampilan Sosial, 4(7), 109–114.

Ambarwati, E. R., & Prihastuti. (2019). Gerakan masyarakat hidup sehat (germas) mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir sebagai upaya untuk menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (phbs) sejak dini. Celebes Abdimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 45–52. http://journal.lldikti9.id/CER/index

Astiti, N. K., & Fitriana, L. B. (2018). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Tentang Cara Menggosok Gigi Dengan Video Pembelajaran Pada Anak Usia sekolah. Jurnal Kepeyarawatan Respati Yogtakarta, 5(2), 378–382. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/jpkk.v5i1.564

Baraki, N. (2005). Food-borne Diseases.

Budi, S., Nurhastuti, N., & Utami, I. S. (2021). Edukasi Mencuci Tangan Dalam Upaya Pencegahan Virus Corona Melalui Video Tutorial Pada Mahasiswa berkebutuhan Khusus Di Pendidikan Tinggi. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 5(1), 19–23. https://doi.org/10.24036/jpkk.v5i1.564

Diana, F. M., Susanti, F., & Irfan, A. (2014). Pelaksanaan Program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di SD Negeri 001 Tanjung Balai Karimun. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 8(1), 46–51.

Harsian, J. F., Rachman, P. H., Ermayani, E., Dianawati, H., & Henny. (2016). Buku Pegangan dan Kumpulan Rencana Ajar Untuk Guru Sekolah Menengah Pertama: Gizi dan Kesehatan Remaja. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Repiblik Indonesia.

Kesehatan, D. (2011). Peraturan Menteri Kesehatan Repuiblik Indonesia No, 2406 Tahun 2011 tentang Pedoman Umum Penggunaan Antibiot.

Kurniawan, H. (2017). Upaya peningkatan derajat kesehatan pada anak panti asuhan melalui edukasi hidup bersih dan sehat. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ipteks, 3(1), 9–16. https://doi.org/https://doi.org/10.32528/pengabdian_iptek.v3i1.993

Mulyati, S., & Amita, N. (2013). Praktek merawat gigi pada anak. Jurnal Inovasi Dan Kewirausahaan, 2(2), 130–135. https://doi.org/http://journal.uii.ac.id/index.php/ajie

Mustikawati, I. S. (2017). Perilaku Cuci Tangan Pakai Sabun Studi Kualitatif pada Ibu-Ibu di Kampung Nelayan Muara Angke Jakarta Utara; Studi Kualitatif. ARKESMAS (Arsip Kesehatan Masyarakat), 1(1), 115–125. https://doi.org/http://journal.uhamka.ac.id/index.php/arkesmas/article/view/514/263

Nurmahmudah, E., Puspitasari, T., & Agustin, I. T. (2018). Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pada Anak sekolah. ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 46–52. https://doi.org/https://doi.org/10.35568/abdimas.v1i2.327

Rahmat, A., Smith, M. Bin, & Rahim, M. (2016). Perilaku Hidup Sehat Dan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 2(2), 113–122. https://doi.org/10.15575/psy.v2i2.452

Susantiningsih, T., Yuliyanti, R., Simanjuntak, K., & Arfiyanti, A. (2019). PKM Pelatihan Mencuci Tangan Menggunakan Sabun Sebagai Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Untuk Masyarakat Rt 007/Rw 007 Desa Pangkalan Jati, Kecamatan Cinere Kota Depok. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 1(2), 75–84. https://doi.org/10.24912/jbmi.v1i2.2889

Tabi’in, A. (2020). Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat(Phbs) Pada Anak Usia Dini Sebagai Upaya Pencegahan Covid 19. JEA (Jurnal Edukasi AUD), 6(1), 58. https://doi.org/10.18592/jea.v6i1.3620

Umar, Z. (2008). Perilaku Cuci Tangan Sebelum Makan dan Kecacingan pada Murid SD di Kabupaten Pesisir Selatan Sumatera Barat. Kesmas: National Public Health Journal, 2(6), 249. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21109/kesmas.v2i6.244

Wahyuni, W., & Fatmawati, S. (2020). Peningkatan Pengetahuan PBHS Dan Penerapan Cuci Tangan Dalam Upaya Pencegahan Covid-19 Pada Santri di Lingkungan Pondok Pesantren. Pengabdian Kepada Masyarakat, 04(02), 1–9. https://doi.org/https://doi.org/10.30787/gemassika.v4i2.662

Wiradyani, L. A. A., Pramesthi, I. L., Raiyan, M., Nuraliffah, S., & Nurjanatum. (2016). Gizi dan Kesehatan Anak Usia Sekolah Dasar: Buku Pegangan dan Kumpulan Rencana Ajar Untuk Guru Sekolah Dasar. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Repiblik Indonesia.

Downloads

Published

2021-12-30

How to Cite

Kurniawan, A. W., Novitasari, E., & Putri, D. F. (2021). Pelatihan perilaku hidup bersih dan sehat terhadap murid TPQ Riyadlul Qur’an II. PROMOTIF: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 99–111. https://doi.org/10.17977/um075v1i22021p99-111