Pelatihan peraturan dan permainan olahraga cricket untuk guru PJOK SD Kecamatan Kromengan Kabupaten Malang
DOI:
https://doi.org/10.17977/um075v2i12022p76-82Keywords:
Pengabdian, pelatihan, cricketAbstract
Olahraga cricket merupakan olahraga yang tergolong dalam permainan bola kecil. Banyak daerah di Indonesia yang memainkan cricket di berbagai tingkat sekolah dalam pembelajaran PJOK. Namun terdapat pula masih banyak daerah di Indonesia yang belum mengenal cricket termasuk daerah Kabupaten Malang. Para guru PJOK Sekolah Dasar yang sebagai mediator penyebar olahraga di daerah Kabupaten Malang juga belum paham dengan olahraga cricket. Oleh karena itu perlu dilakukan pemberian pelatihan olahraga cricket untuk guru PJOK SD di Kabupaten Malang terutama diwilayah Kecamatan Kromengan. Program pelatihan olahraga cricket untuk guru PJOK bertujuan untuk menambah pengetahuan guru PJOK sehingga olahraga cricket dapat dipahami dan diaplikasikan dalam pembelajaran disekolahyang dipandu oleh pemateri/asisten. Subjek dalam pelatihan ini adalah guru-guru Pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan Sekolah Dasar di Kecamatan Kromengan, dengan jumlah 44 pesertaasil dari pelatihan ini para Guru PJOK memliki pemahaman tentang peraturan dan permainan olahraga cricket. Serta memiliki pemahaman keterampilan dalam bermain olahraga cricket.
References
Akhmad. (2016). Sumber Belajar Penunjang PLPG 2016.
Bayu, W. I., Waluyo, & Victorian, A. R. (2021). Pelatihan pengelolalaan pembelajaran jarak jauh bagi guru pendidikan jasmani. Promotif: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 21–28. http://journal2.um.ac.id/index.php/promotif/article/view/22259
Depdiknas. (2007). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses Pendidikan. Depdiknas.
Eview, C. R. A. R., Ord, P. A. U. L. A. F., & Arrett, A. N. T. G. (2014). The Athletic Profile of Fast Bowling in Cricket: A Review. J Strength Cond Res, 28(5).
Hamdani, E. N. (2018). Materi Metode Pelatihan Training For Trainer PPM Manajemen.
Harding, D., Kadiyono, A. L., Hidayat, Y., & Yanuarti, N. (2018). Pelatihan Dan Pengembangan Sdm Sebagai Salah Satu Upaya Menjawab Tantangan Mea. Journal of Psychological Science and Profession, 2(2), 185. https://doi.org/10.24198/jpsp.v2i2.21196
Mardela, R., Yendrizal, & Yudi, A. A. (2020). Cricket Games Modification For Begginner. Journal Humanities, 1(2). https://doi.org/10.24036/jba.0102.2020.07
Marheni, E., Ridwan, M., S, A., Purnomo, E., & Soniawan, V. (2020). Meningkatkan Gairah Belajar PJOK Siswa Pasca Pandemi Covid-19. Suluah Bendang: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 20(3), 149. https://doi.org/10.24036/sb.0590
Paturusi, A. (2012). Manajemen Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Sudirjo, E., Susilawati, D., Lengkana, A. S., & Alif, M. N. (2019). Mentoring and Training of Body Balance on Primary. 18(1), 93–101.
Tangkudung, J. (2007). U-15 Junior Development Program 2008/2009.
![](https://journal-fik.um.ac.id/public/journals/3/article_88_cover_en_US.jpg)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Ari Wibowo Kurniawan, Lokananta Teguh Hari Wiguno, Tatok Sugiarto
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.