Pelatihan pengelolalaan pembelajaran jarak jauh bagi guru pendidikan jasmani
DOI:
https://doi.org/10.17977/um075v1i12021p21-28Keywords:
guru, pendidikan jasmani, covid-19, pembelajaran, onlineAbstract
Salah satu perubahan besar dalam bidang pendidikan yang dibawa oleh Covid-19 adalah lingkungan pembelajaran di mana peserta didik menerima pembelajaran mereka. Peserta didik lebih banyak menghabiskan waktu di rumah karena sekolah ditutup, pemerintah menganjurkan untuk tetap di rumah, dan melakukan karantina wilayah. Pelatihan ini bertujuan untuk membatu guru pendidikan jasmani dalam mentransformasi proses pembelajaran selama pandemic Covid-19, dimana pembelajaran tatap muka untuk sementara ditiadakan dan diganti dengan pembelajaran jarak jauh. Teknologi informasi yang digunakan berupa sistem pebelajaran jarak jauh (PPJ). PPJ memungkinkan untuk melakukan pebelajaran secara jarak jauh tanpa terikat jarak, dimanapun dan kapanpun dapat mengakses pebelajaran tersebut. Pelatihan dan pendampingan pengenalan platform pembelajaran seperti Zoom, Google Meet, Google Classroom, Schoology, dan Edmodo selama tiga hari yang dilakukan secara virtual dengan peserta 50 guru pendidikan jasmani telah memberi dampak positif terkait pemahaman guru pendidikan jasmani terkait dengan media yang dapat digunakan dalam PJJ mata pelajaran pendidikan jasmani.
References
Aji, R. H. S. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(5), 395–402. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314
Barteit, S., Guzek, D., Jahn, A., Bärnighausen, T., Jorge, M. M., & Neuhann, F. (2020). Evaluation of e-learning for medical education in low- and middle-income countries: A systematic review. Computers and Education, 145 (October 2019). https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.103726
Bayu, W. I., Waluyo, & Victorian, A. R. (2020). Survei pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani dan olahraga selama pandemi Covid-19. Bravo’s, 8(4), 161–167. https://doi.org/10.32682/bravos.v8i4.1748
Bodsworth, H., & Goodyear, V. A. (2017). Barriers and facilitators to using digital technologies in the Cooperative Learning model in physical education. Physical Education and Sport Pedagogy, 22(6), 563–579. https://doi.org/10.1080/17408989.2017.1294672
Casey, A., Goodyear, V. A., & Armour, K. M. (2017). Digital Technologies and Learning in Physical Education: Pedagogical c. Routledge. https://www.routledge.com/Digital-Technologies-and-Learning-in-Physical-Education-Pedagogical-cases/Casey-Goodyear-Armour/p/book/9781138947290
Herlina, & Suherman, M. (2020). Potensi pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) di tengah pandemi Corona Virus Disease (Covid)-19 di Sekolah Dasar. Tadulako Journal Sport Science and Physical Education, 8(1), 1–7. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/PJKR/article/view/16186
Sargent, J., & Casey, A. (2021). Appreciative inquiry for physical education and sport pedagogy research: a methodological illustration through teachers’ uses of digital technology. Sport, Education and Society, 26(1), 45–57. https://doi.org/10.1080/13573322.2019.1689942
Sari, D. P., & Sutapa, P. (2020). Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh dengan Daring Selama Pandemi Covid-19 Mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK). SEMINAR NASIONAL OLAHRAGA, 2(1), 19–29. https://semnas.univpgri-palembang.ac.id/index.php/semolga/article/view/84
Velde, G. ten, Lubrecht, J., Arayess, L., van Loo, C., Hesselink, M., Reijnders, D., & Vreugdenhil, A. (2020). The Impact of the COVID-19 Pandemic on Physical Activity Behaviour and Screen Time in Dutch Children During and After School Closures. SSRN Electronic Journal. https://doi.org/10.2139/ssrn.3714619
Williams, L., Martinasek, M., Carone, K., & Sanders, S. (2020). High school students’ perceptions of traditional and online health and physical education courses. Journal of School Health, 90(3), 234–244. https://doi.org/10.1111/josh.12865
Xiang, M., Zhang, Z., & Kuwahara, K. (2020). Impact of COVID-19 pandemic on children and adolescents’ lifestyle behavior larger than expected. In Progress in Cardiovascular Diseases (Vol. 63, Issue 4, pp. 531–532). W.B. Saunders. https://doi.org/10.1016/j.pcad.2020.04.013
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Wahyu Indra Bayu, Waluyo, Ahmad Richard Victorian
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.